Serial Investasi (Bagian 2)


Serial Investasi (Bagian 2)

Bicara investasi, tidak afdol rasanya kalo kita tidak belajar dulu dari sang mastro investasi dunia yang sekarang menjadi orang paling kaya nomor 2 dunia, Warren Buffet (WB). WB juga sangat terkenal dengan ”tagline”nya yang sederhana namun sangat ”Dahsyat” : ”Be Greedy When others are Fearless, and Be Fearless When others are Greedy” atau kalau tidak salah artinya ”Serakahlah saat yang lainnya takut dan Takutlah pada saat yang lainnya serakah”. Ada beberapa hal yang dikatakan WB yang bisa kita pelajari dalam hal berinvestasi dan saat ini prinsip-prinsip WB ini menjadi panduan bagi banyak investor dunia. Beginilah beberapa prinsip yang dia katakan dan menjadi resep nya dalam berinvestasi. :

  • Warren Buffet pertama kali membeli saham pada umur 11 (sebelas) tahun dan dia menyesal telah memulainya terlalu lama.

– Wow… fantastis.. WB mulai berinvestasi di umur 11 tahun dan dia mengatakan itu kelamaan. Padahal banyak dari kita (mungkin semua) bahkan sampai sekarangpun belum berinvestasi. Karena itu jangan mengulang kesalahan lagi. Ayo ajak anak-anak (kalau udah punya anak) anda ke bank dan ajari mereka berinvestasi.

  • WB membeli sebuah perusahaan kecil di umurnya yang baru menginjak 14 tahun dari uang hasil mengantarkan koran.

-WB mengajarkan kita bahwa perlu kerja keras untuk mendapatkan sesuatu (kerja mengantarkan koran) dan perlu kerja cerdas untuk menjadikan sesuatu itu menghasilkan hal-hal luar biasa (memilih perusahaan untuk dibeli). Ayo ajari anak-anak anda untuk bekerja keras dan bila mungkin memulai bisnis dari sejak kecil

  • WB masih tinggal di rumahnya di mid-town Omaha (dengan 3 kamar tidur kecil) yang dia beli 50 tahun lalu pada saat dia menikah. Dia bilang, dia punya semua yang dia butuhkan di rumah itu.

– WB mengajarkan agar kita hanya ”membeli” semua hak yang ”benar-benar kita butuhkan” bukan yang kita inginkan. Mari ajari anak-anak anda untuk berpikir dan bertingkah laku demikian.

  • WB selalu menyetir mobilnya sendiri kemana-mana dan dia tidak mempunyai supir ataupun pengawal pribadi.

– Padahal ada banyak diantara kita yang bila punya uang ”sedikit” saja, sudah tidak mau melakukan pekerjaan-pekerjaan ”kotor” lagi. ”You are what you are” itu adalah pelajaran keempat.

  • WB tidak pernah bepergian dengan jet pribadi, meskipun dia mempunyai saham di perusahaan jet terbesar di dunia.

– Mari selalu berpikir ekonomis dalam setiap kegiatan kita.

  • Perusahaannya, Berkshire Hathaway, memiliki 63 anak perusahaan. WB hanya menulis 1 surat saja setiap tahun pada semua CEO perusahaan tersebut dan memberikan mereka “goal” untuk 1 tahun. Dia tidak pernah mengajak meeting atau menelepon mereka secara berkala.

– Dalam bisnis, pilihlah orang tepat di posisi yang tepat.

  • WB punya 2 peraturan untuk semua CEO nya.
    • Peraturan pertama, Jangan pernah menghilangkan uang dari pemilik saham
    • Peraturan kedua, Jangan lupa aturan nomor satu.

– Buat lah tujuan dan pastikan anda dan semua elemen anda fokus dan mengerti tujuan itu.

  • WB tidak bersosialisasi dengan ”high society crowd”. Dia menghabiskan waktunya di rumah dengan menonton televisi dan makan pop corn.

– Jangan sombong dan mencoba memamerkan kekayaan anda dengan berlebihan. Jadilah diri sendiri dan lakukan apa yang anda senangi.

  • WB tidak membawa HP dan bahkan dia tidak mempunyai komputer di mejanya.

– Wah kalau ini no comment dah. Susah kayanya dilakukan, meskipun penulis kenal dengan orang yang sampai saat ini tidak mau punya HP (anak PMK FE UNDIP juga loh, mudah-mudahan nasibnya kaya WB ya…)

  • Bill Gates, orang paling kaya didunia, pertama kali bertemu WB 5 tahun yang lalu (tidak tahu tepatnya kapan, karena tulisan ini juga tidak disebutkan direleasre kapan). Awalnya Bill Gates berpikir dia tidak punya sesuatu hal yang ”nyambung” untuk dia bicarakan dengan WB, karena itu dia hanya menjadwalkan meeting dengan WB selama 30 menit. Namun ketika Gates bertemu dia meeting tersebut berakhir dengan 10 jam. Dan Bill Gates menjadi ”devotee” Warren Buffet.

– Hmm… apa aja yang dibicarain ya.. lama bener 10 jam, gak bosan apa ya.. hehehe…Tapi emang bener sih, kalau udah membahas yang namanya duit dan investasi, waktu tidak pernah terasa lama.

  • Dan yang terakhir WB berpesan pada anak-anak muda : ”Jauhilah credit card (bank loan) dan berinvestasilah pada diri anda dan ingat juga :
    • Uang tidak menjadikan (berharga) seseorang, namun seseoranglah yang menjadikan uang (berharga)
    • Hiduplah seperti apa adanya (simple is beautiful)
    • Jangan lakukan apa yang orang lain katakan, boleh mendengarkan orang lain, namun lakukan apa yang anda pikir baik.
    • Jangan terpengaruh dengan ”merk terkenal”, pakailah sesuatu yang anda pikir nyaman buat anda.
    • Jangan menghabiskan uang anda untuk hal yang tidak perlu; habiskan lah hanya untuk apa yang anda benar-benar butuhkan
    • Dan diatas segalanya, Hidup ini adalah hidup kita sendiri, jadi jangan biarkan orang lain mengatur hidup anda (Jadi hanya Tuhan lah ya, yang boleh mengatur hidup kita).

Bersambung……..

Tinggalkan komentar

Filed under Investasi dan Keuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s