Berbeda atau Mati


Jack Trout dan Steve Rivkin dalam bukunya Differentiate or Die : Survival in Our Era of Killer Competition menuliskan betapa pentingnya suatu perusahaan untuk berbeda dan menjadi beda dari pesaing perusahaan. Menarik sekali ulasan beliau dalam buku itu, sampai-sampai saya berpikir apakah fenomena bunuh diri dengan cara meloncat di Mall-Mall yang marak sekarang ini adalah akibat dari begitu inginnya mereka yang bunuh diri itu berbeda dari orang-orang yang bunuh diri pada masa lalu? Sebagai bahan pembanding dahulu orang bunuh diri biasanya meminum racun serangga.

Sebenarnya kalau dilihat dari kegunaannya, menjadi berbeda itu menguntungkan. Lihat saja Lionel Messi, dia berbeda dengan anak muda seumurannya. Tidak pergi ke sekolah dan kerjanya hanya bermain terus.. Dan buah dari “perbedaan” yang dia lakukan, Lionel sekarang menjelma menjadi pemain bola yang handal.

Bill Gates, berbeda dengan orang lain. Pada saat teman-teman kuliahnya mati-matian untuk lulus dari Universitas. Bill memilih untuk mengotak-atik komputer di garasi rumahnya. Drop Out adalah hasil dari perbedaannya itu. Efek sampingnya dia menjadi orang terkaya no.1 di dunia beberapa tahun lamanya.

Berbeda, itu juga yang dilakukan Warren Buffet. Semboyan terkenalnya mengajarkan seluruh investor yang ingin berhasil untuk berbeda dengan kebanyakan orang. Dia pun mencicipi sebagai orang no.1 di dunia dengan perbedaan yang dia lakukan.

Bob Sadino juga berbeda, gayanya yang nyentrik dan tidak high class membuatnya special di negeri ini. Gus Dur juga berbeda dengan celetukan-celetukan segar dan spontannya sehingga banyak orang ikut berduka dengan kepergiannya.

Nah… apakah anda ingin sukses seperti mereka ? Berpikirlah untuk “berbeda” dengan orang lain. Asal jangan kelewat berbeda sehingga anda bisa masuk list orang yang akan menghuni kuburan atau paling tidak rumah sakit jiwa…🙂

Selamat Berbeda…..🙂

Tinggalkan komentar

Filed under Lain-Lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s