Pandora…


Kemaren adalah kali kedua saya menonton film bagus yang berjudul Avatar. Film yang meraih banyak perhargaan internasional ini memang bener-bener fenomenal. Banyak sekali orang yang ini menonton film ini lebih dari 1 kali, termasuk saya tentunya..🙂

Buat saya pribadi, yang paling menarik dari film ini adalah negeri tempat tinggal suku Omiticaya: Pandora.. Negeri dimana keseimbangan alam dan penghuninya benar-benar sempurna. Tidak ada tambang-tambang liar, tidak ada pengerusakan hutan, tidak ada bangunan liar apalagi pembakaran hutan.

Suku-suku yang tinggal di planet Pandora ini benar-benar menghargai keseimbangan ini. Tidak ada niat sama sekali untuk merusak alamnya. Bahkan yang lebih indah, mereka bersatu dengan berbagai jenis binatang yang ada di Pandora.

Saya jadi teringat akan negeri dimana para manusia pernah diciptakan, Taman Eden atau Taman Firdaus namanya. Dari berbagai cerita dan literatur yang ada, taman eden atau taman firdaus ini adalah suatu tempat dimana manusia dan alam begitu menyatu serta damai sejahtera. Manusia yang hidup pada saat itu (adam dan hawa) bebas untuk makan apa saja di tempat itu (kecuali satu buah saja) dan juga bebas bercakap-cakap dengan segala binatang yang menghuni taman itu..

Tempat itu begitu indah, jauh lebih indah dibandingkan Pandora di film Avatar cuma yang membedakannya adalah Manusia yang tinggal di dua tempat ini. Pandora dihuni oleh manusia dengan tipikal menyatu dengan alam sementara “taman eden” dihuni oleh karakter manusia yang ingin menguasai alam dengan segala cara untuk kepentingan sendiri. Dan memang di film itu juga digambarkan bahwa bangsa/ras yang disebut manusia inilah yang merusak keseimbangan alam di negeri indah itu. Bayangkan saja, manusia itu tidak cukup merusak “taman eden” yang ditinggali saat ini tetapi juga berniat merusak keseimbangan negeri Pandora.

Film bagus ini emang luar biasa namun akan lebih luar biasa lagi bila di lubuk hati setiap orang yang sudah pernah menonton film Avatar ini timbul perasaan untuk menghargai “taman eden” yang sudah dititipkan pada kita.

Tempat yang sudah kita tinggali ini sebenarnya jauh lebih indah dari tempat manapun yang pernah ada. Hanya kitalah yang sering merusaknya dengan ketamakan dan keinginan tiada batas..

Mari jangan menunjuk orang lain, tapi mulailah dari diri kita untuk belajar mencintai dan merawat alam yang dipinjamkan anak cucu kita kepada kita..🙂

2 Komentar

Filed under Curhat

2 responses to “Pandora…

  1. hmmm…
    I love Pandora so much, ‘cos the purple one,
    xixixixii…
    smoga ntar dsurga jauh jauh jauh lbh bagus dr Pandora ‘y…

  2. 3rg3

    selain mudah2an lebih indah, mudah2an semua orang di dunia ini masuk surga….🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s