Tips Mengelola Gaji


Tanggal 25 dan 27 adalah tanggal-tanggal yang selalu dinantikan banyak karyawan karena di tanggal inilah gaji dan insentif yang menjadi alat penyambung hidup semua karyawan dibagikan dan diisi kembali..🙂 .

Sayangnya tidak semua dari karyawan menyadari bahwa seiring umur kita yang sudah mulai beranjak senja maka suatu saat pasti kita semua akan masuk ke saat-saat dimana tongkat estafet itu harus diserahkan ke generasi muda yang berarti juga tanggal 25 dan 27 bukanlah tanggal yang dinantikan lagi…🙂 .

Dan bila masa itu sudah datang, hanya ada 2 pilihan buat karyawan: Pensiun dengan UANG MINIM atau pensiun dengan UANG BANYAK. Pasti cita-cita setiap kita adalah : Pensiun dengan UANG BANYAK. (saya juga kok.. :)).

Namun seperti kata orang bijak, Perjalanan 100 km selalu diawali dengan sebuah langkah kecil. Pensiun dengan UANG BANYAK di masa depan sudah pasti tidak akan dengan sendirinya. Harus ada langkah kecil yang dilakukan SEKARANG dan HARI INI.

Mulailah dengan sebuah janji diawal bulan ini saya akan melakukan hal-hal nyata dan konkrit untuk dapat PENSIUN DENGAN UANG BANYAK.

Pengelolaan gaji adalah hal yang paling gampang untuk kita lakukan. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengelola gaji kita. Mudah-mudahan bisa dijalankan oleh rekan-rekan semua, mungkin sederhana dan rekan-rekan sudah pernah membaca atau sudah menjalankannya namun seringkali kita hanya sekedar membaca namun lupa untuk menjalankannya (saya juga belum jalanin semua sih😦 ).

Tips Mengelola Gaji :

    • Menabunglah di awal bulan bukan di akhir bulan

      Kesalahan terbesar dari sebuah pengelolaan gaji adalah prinsip bahwa menabung dari sisa uang gaji bulanan. Mulai hari ini biasakanlah untuk menabung di awal bulan. Sisihkan uang gaji rekan-rekan untuk ditabung. Agar dana tidak terpakai pilihlah program tabungan berjangka yang dananya dapat di AutoDebet setiap bulannya. Untuk jumlah dan jangka waktunya dapat dipilih sesuai dengan kemampuan rekan-rekan. Mulai 100rb juga ada dan minimal 1 tahun. Segera datangi kantor BMRI terdekat atau hubungi 14000 untuk keterangan lebih lanjut..🙂🙂.

        • Insentif bukanlah pendapatan tetap

          Pola pikir bahwa insentif adalah pendapatan tetap dan selalu diprediksi akan diterima dengan jumlah yang sama setiap bulannya adalah hal fatal kedua yang bisa membuat masa pensiun kita akan buruk dan tidak sesuai harapan. Usahakanlah hidup atau membuat hutang dengan memakai UANG GAJI saja. Insentif adalah bonus dan usahakan jadikan sebagai alat untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

            • Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

              Coba sekarang mulailah mengingat dan melihat barang-barang yang ada dirumah rekan-rekan, berapa banyak yang terpakai/berguna dan berapa banyak yang pada saat dibeli hanya sekedar keinginan sesaat saja. Salah satu cara untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan adalah sebelum belanja atau datang ke mall, buatlah selalu list belanja yang ingin dibeli. Disiplin lah dengan list/plan belanja yang sudah dibuat di rumah🙂.

                • Perbanyak asset bukan beban

                  Kurangi membeli Televisi, Radio, Laptop, BlackBerry atau apapun yang hanya menjadikan beban buat keuangan rekan-rekan. Mulailah berinvestasi seperti reksadana atau emas. Bila yang belum paham mengenai reksadana cobalah untuk membeli emas batangan. Sekarang ini membeli emas batangan tidak harus mahal, cukup dengan uang +/- 350 rb sudah dapat membeli 1 batang emas. Info lengkap dapat dilihat di http://anekalogam.com/products atau http://www.logammulia.com/pro_standard.htm. Harga emas yang cenderung meningkat bisa menjadikan PENSIUN rekan-rekan menjadi nyaman. Bayangkan bila 1 bulan sekali bisa membeli 1 gram (+/- Rp. 350rb) maka dalam setahun tabungan sudah ada 12 gram (+/- 4,2 juta). Bila ditabung dengan disiplin maka dalam 10 tahun uang tabungan rekan-rekan sudah 42 juta, itupun dengan asumsi harga emas tidak naik sama sekali. Bayangkan bila harga emas itu naik 2 atau 3 bahkan 10 kali lipat. Tidak mengalikan saja…🙂.

                    • Buat anggaran bulanan (budget)

                      Selalu buat anggaran bulan di tanggal 1 atau 2 setiap bulannya. Dahulukan selalu kebutuhan pendidikan untuk anak-anak dalam membuat budget bulanan. Pastikan anak-anak rekan-rekan mendapatkan hal terbaik yang bisa rekan-rekan berikan. Bila yang belum berkeluarga dahulukan kebutuhan dan bukan keinginan.

                        • Disiplin

                          Hal terakhir namun hal yang paling penting adalah : DISIPLIN. Lakukan seluruh point-point diatas dengan DISIPLIN. Mudah-mudahan bila dilakukan dengan disiplin maka masa PENSIUN kita nanti dapat diisi dengan tidur-tidur dan menikmati sisa hidup ini saja.🙂🙂

                          Good Luck…… 🙂🙂🙂

                          4 Komentar

                          Filed under Investasi dan Keuangan

                          4 responses to “Tips Mengelola Gaji

                          1. seharusnya memang begitu…tapi dalam prakteknya sulit..

                          2. pengen gaji yang buaanyaaakkkk….

                          3. Bisa diterapkan juga untuk anak kosan, anggap gaji sebagai uang kiriman bulanan.🙂

                          4. Nia only

                            mari menabung…. ^_^

                          Tinggalkan Balasan

                          Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

                          Logo WordPress.com

                          You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

                          Gambar Twitter

                          You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

                          Foto Facebook

                          You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

                          Foto Google+

                          You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

                          Connecting to %s